background

Friday, March 2, 2012

Trip To Pontianak (Part 4)

Melanjutkan dari apa yang sempat disampaikan mengenai ulasan perjalanan saya dan rekan-rekan Arsitektur Lanskap IPB ke kota Pontianak, akhirnya untuk kesekian kali dalam rentang waktu yang cukup berjauhan, saya dapat kembali menceritakan salah satu perjalanan field trip kami ke sebuah objek lanskap yang termahsyur di kota nol derajat tersebut, yaitu Sungai Kapuas. 

Kunjungan pertama ke Sungai Kapuas, kami lakukan di hari pertama singgah di kota Pontianak kala sore hari. Saat itu, serta merta kami lakukan pengamatan awal terhadap salah satu tapak yang hendak dijadikan objek praktikum mata kuliah Perencanaan, yaitu taman kota yang di dalamnya terdapat replika dari Tugu Khatulistiwa. Kesan yang saya rasakan sendiri ketika kali pertama menyaksikan secara langsung sungai yang terkenal dengan panjang dan lebar alirannya tersebut adalah kagum akan suasana theatrical yang tercipta dari kombinasi kehadiran kapal-kapal yang tengah berlabuh disertai suara gemuruhnya,dipadukan dengan kondisi sungai yang tampak seperti laut dengan ombak sederhana dan permukaan air yang tidak terlihat dangkal.    

 Sungai dan transportasi penyebrangan

Water front city

Puas melakukan pengamatan awal, kesempatan kedua mengunjungi kembali Sungai Kapuas kami lakukan di hari kedua singgah. Di hari itu, kami juga berkesempatan mengunjungi Masjid Jami' Sultan Abdurrahman, Kampung Beting dan Keraton Kadriah (meskipunn tidak sempat masuk ke dalam keraton). Untuk kali pertamanya, kami pun akhirnya dapat merasakan sebuah pengalaman menyeberangi sungai menggunakan perahu kecil yang disewa. 

 Menyeberangi sungai

 Sekelompok anak bermain lompat tali di shelter penyeberagan

Sepertinya pengalaman berperahu di Sungai Kapuas belum terasa memuaskan bagi sebagian besar dari kami. Beruntung bagi rekan-rekan yang memperoleh tapak perencanaan yang masih berkaitan dengan sungai, dipastikan pada hari pengamatan mandiri akan kembali ke sungai tersebut untuk melakukan pengambilan data primer. Demi memenuhi keinginan untuk mencoba berperahu satu kali lagi, beberapa dari kami (termasuk saya) akhirnya pergi mengunjungi sungai dan kemudian menyewa dua buah perahu.

 Wisata air

Berlabuh
 
Jembatan

Restoran terapung

Portofolio hidup: Berenang di Sungai Kapuas
 Tumbuhan air

Meriam

All photos were taken with LG Cookie Fresh GS290 mobile phone by Widyastuti Utami around November 19-23th 2011

No comments:

Post a Comment

Cute Line Smiley Cute Line Smiley Cute Line Smiley