background

Friday, January 27, 2012

Perancangan Balai Besar Penelitian Pasca Panen (The Image of Processing) (Booklet)

Berikut adalah tugas dari mata kuliah Proyek Studio yang terdiri dari 2 sks dan dikerjakan selama satu semester. Pada kesempatan kali ini masing-masing mahasiswa ditugaskan untuk mengerjakan desain secara individu mulai dari ide perancangan hingga produk utama berupa siteplan dan gambar 3D. Inventarisasi data beserta pengamatan lapang dilakukan secara berkelompok. Tidak hanya tapak ini saja yang dijadikan sebagai bahan dari tugas, melainkan juga tapak lain yang masih seputar balai besar penelitian yang letaknya saling berdekatan di salah satu wilayah di kota Bogor. Di sini mahasiswa dilatih untuk bekerja layaknya tengah mengerjakan sebuah proyek, sehingga di tahap awalnya kami pun diperkenalkan kepada pemilik atau karyawan yang bertanggung jawab terhadap balai.

Setelah dilakukan ujian presentasi secara bergiliran, saya pun mendapatkan cukup banyak masukan dari dosen terhadap desain yang telah saya buat. Beberapa koreksian tersebut pun masih cukup saya ingat, misalnya :
1. Rincian konsep yang telah saya buat kurang terpaparkan secara menyeluruh pada desain yang telah dibuat, seperti terlihat pada siteplan
2. Pembuatan arboretum pada area terbuka dirasa mampu menimbulkan kondisi area yang terlalu lembab oleh karena banyaknya pohon yang ditanam. Akibatnya akan menimbulkan lumut pada paving yang telah dibuat untuk jogging track
3. Sclupture yang dibuat untuk focal point dirasa teralu tinggi sehingga tidak proporsional 
4. Desain secara keseluruhan tidak unity apabila dikaitkan dengan konsep yang mengusung tema alur

Jujur untuk urusan desain, masalah konstruksi adalah yang paling sulit bagi saya pribadi. Hal ini juga yang selalu menjadi pertanyaan terbesar saya ketika ada kesempatan hadir senior arsitektur lanskap yang memberikan materi mengenai dunia kerja di dalam konsultan arsitektur lanskap. Padahal, justru hal ini lah yang menjadi poin terpenting pada proses pengerjaan desain. Harapannya ketika telah memasuki dunia kerja nanti, akan lebih banyak lagi belajar mengenai masalah perhitungan dan konstruksi dari yang telah diperoleh dari perkuliahan. 

Inventarisasi

Analisis

Konsep

 Site plan

Planting plan

Detail material 

Tampak potongan

Perspektif

No comments:

Post a Comment

Cute Line Smiley Cute Line Smiley Cute Line Smiley