background

Thursday, June 30, 2011

Trip To Yogyakarta (Part 1)

Perjalanan ke Yogyakarta yang dimulai pada tanggal 26 hingga 29 Juni 2011 ini merupakan bagian dari program kuliah lapang yang kami tempuh di semester 6. Ada banyak objek wisata yang kami amati untuk mempelajari tipe-tipe lanskap pada setiap tempat yang dikunjungi, mulai dari lanskap jalan, sejarah, budaya, dan alami.

Pada hari pertama, objek yang kami amati adalah rest area pada km 38 dari tol Cikampek, sekaligus sebagai tempat peristirahatan awal perjalanan kami. Hal yang paling terlihat menurut saya pada area ini adalah penataan dan perencanaan vegetasi yang masih minim. Area peristirahatan dan pemberhentian seperti ini tentunya memiliki lahan parkir yang cukup luas, akan tetapi pohon-pohon penaung masih belum terlihat di sini. Pohon-pohon yang terlihat antara lain palem putri, cemara (lupa jenisnya apa), dadap merah, bintaro, kamboja, dan lain sebagainya yang tidak sempat terlihat.

Menurut penjelasan materi yang saya tangkap, idealnya area seperti ini membutuhkan noise barrier yang disusun di antara jalan tol dan tempat peristirahatan sebanyak tiga baris sepanjang sepuluh meter secara keseluruhan. Adapun untuk memberikan kesan kenyamanan, dibutuhkan tanaman estetika pada area-area untuk restoran dan tempat istirahat dengan variasi yang lebih ditonjolkan. Agar pengelolaan tidak banyak membuang materi dan tenaga, dapat ditanam tipe tanaman perennial untuk mengurangi pemeliharaan. Lokasi seperti ini juga membutuhkan suhu antara 15-27 oC dan RH antara 40-70 untuk kenyamanan yang optimal.
Dari segi fasilitas yang diberikan, tempat ini sudah tergolong baik. Adanya tempat ibadah, restoran, kios-kios penjaja makanan, toilet, dan tempat pengisian bensin, membuat tempat ini baik dalam pemenuhan standar.

Parkiran dibuat bertipe miring

Vegetasi terlihat masih minim


All photos were taken with LG Cookie Fresh G290 mobile phone by Widystuti Utami on June 26th 2011

No comments:

Post a Comment

Cute Line Smiley Cute Line Smiley Cute Line Smiley